POKDARWIS WANUA TIRTA PONGGOK
SEKERTARIAT : KANTOR DESA PONGGOK JL.DELANGGU-PONGGOK
HP:081393215256 - 0 856-4392-0252   Email:dabith.faton28@gmail.com

No                    : IV/PWT/12/2019
Hal                   : Pengajuan Mediasi Pengelolaan Sigedang - Kapilaler
Lampiran         : Dokumen dan Bukti Kewajiban

Kepada Yth,
Bpk.H.Junaedhi Mulyono,S.H
Kepala Desa Ponggok
Kecamatan Polanharjo
Kabupaten Klaten
Perihal :  Permohonan Fasilitasi Mediasi Pengelolaan Umbul Sigedang - Kapilaler
Dengan hormat,
Yang bertandatangan dibawah ini, saya :
2.  Alamat tempat tinggal          : Umbulsari Ponggok Polanharjo
3.  Jabatan                                : Ketua Pokdarwis Wanua Tirta
4.  Nomor telepon/HP                : 081393215256

Dan

1.Nama                                   : Teguh Kuat
2.Alamat tempat tinggal          : Umbulsari Ponggok Polanharjo
3.Jabatan                                : Ketua Pokja 5 & 6
4.Nomor telepon/HP                : +62 857-1878-6255

Dengan ini mengajukan permohonan fasilitasi Mediasi untuk Pengelolaan Umbul Sigedang – Kapilaler supaya menjadi tujuan wisata mendorong terwujudnya SAPTA PESONA (keamanan,ketertiban,keindahan,kesejukan,kebersihan,keramah tamahan dan kenangan),meningkatnya sumber daya manusia,meningkatnya mutu produk wisata dalam rangka meningkatnya daya saing serta memulihkan pariwisata secara keseluruhan.

Mengingat:
1.UU Republik Indonesia No.9 Tahun 1990 tentang kepariwisataan.
2.UU Republik Indonesia No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
3.PP No.67 Tahun 1996 Tentang Kepariwisataan
4.Instruksi Presiden Republik Indonesia No.16 Tahun 2005 tentang Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata.
5.Permen Kebudayaan dan Pariwisata RI No.P.M.04/UM 001/MKP/2008 tentang Sadar Wisata.
6.Keputusan Mentri Sosial Republik Indonesia No.133/HUP/Kep/1981 tentang Organisasi Karang Taruna.

Adapun beberapa kronologis,kejadian adalah sebagai berikut :
1.Ketidaknyamanan Pengunjung wisata perihal perlakuan oknum yang melakukan portal di timur dukuh Umbulsari.
2.Ketidaknyamanan orang dan warga yang menggunakan akses jalan  perihal perlakuan oknum yang melakukan portal di timur dukuh Umbulsari.
3.Pengembang tidak bisa optimal menerapkan aturan yang layak (SAPTA PESONA) karena belum ada status/ kepastian hukum yang jelas.
4.Memperlambat berkembangnya pariwisata dan cenderung ke penurunan pengunjung karena perlakuan yang kurang baik dari beberapa oknum.
5.Terjadi banyak komplain dari pengunjung wisata dan pengguna masuk Umbulsari dari timur yang notabennya jalan umum  secara langsung maupun melalui medsos kepada pihak pengelola dalam hal ini Pokdarwis.

Beberapa kewajiban dan progres POKJA 5 & 6 POKDARWIS WANUA TIRTA di Sigedang -Kapilaler yang sudah  dilakukan antara lain:
1.Memberikan PAD ke Pemdes Karanglo dan Ponggok
2.Memberikan Bantuan Dana ke RW di Umbulsari,masyarakat Bayem Rejo
3.Membantu beberapa bantuan properti ke Umbulsari dan Bayem Rejo
4.Menjaga(maintenance),menambah sarana dan prasarana(asset) di sekitar Umbul Sigedang – Kapilaler
5. Menfasilitasi dan memberdayakan warga Umbulsari,Bayem Rejo dan warga sekitar  (Jualan,kamar mandi,parkir,karyawan dll)
6.Membayar pajak air permukaan
7.Asuransi kecelakaan pengunjung per 10 Desember 2019
8.Upgrade skill (training service excellent,SAR ,Tanggap Bencana)

Beberapa dokumen yang kami lampirkan:
1.FC SK Kepala Desa Ponggok tentang Pemanfaatan dan Pengelolaan
2.FC Kwitansi bukti setor PAD
3.FC Kwitansi Pajak Air Permukaan
4.FC Polish Asuransi
Dengan ini kami menyatakan akan memenuhi/mematuhi ketentuan dan tatacara/prosedur penyelesaian yang ditetapkan oleh Pemdes Ponggok.
Demikian, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
Ponggok,30 Desember 2019

Hormat Kami,

Ketua Pokdarwis Wanua Tirta                                                                     Ketua POKJA 5 & 6



         TRIYONO                                                                                           TEGUH KUWAT

CC:
Ø  BPD Desa Ponggok
Ø  Kadus I Ponggok
Ø  Ketua RW 5 & 6 Ponggok



0 Komentar